PKS Resmikan Pusat Khidmat Yang Pertama di Indonesia

Bandar Lampung adalah kota pertama di Indonesia yang berhasil me-launching Rumah Khidmat PKS. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Pamungkas Hendra Kusuma dari Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPP PKS, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Rumah Khidmat PKS di Kecamatan Kemiling, Sabtu sore (2/4).

Pamungkas sangat mengapresiasi PKS Bandar Lampung dalam merespon cepat salah satu program strategis DPP PKS, yaitu Rumah Khidmat sebagai pusat pelayanan dan pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar.

“DPP PKS sangat mengapresiasi respon cepat PKS Bandar Lampung dalam membuat Rumah Khidmat. Saya diutus ke Lampung oleh DPP untuk mensosialisasikan juklak dan juknis pelaksanaan Rumah Khidmat, tapi begitu saya sampai disini, saya dapat informasi Bandar Lampung ternyata telah siap melakukan peresmian Rumah Khidmat, ini luar biasa,” ujar Pamungkas.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin mengatakan, Rumah Khidmat PKS adalah wadah bagi kerja-kerja pelayanaan, pembinaan, pemberdayaan dan pembelaan bagi masyarakat. Beraneka kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat akan dilaksanakan di Rumah Khidmat ini.

“Rumah Khidmat adalah bentuk keseriusan PKS dalam menjalankan jargon “Berkhidmat Untuk Rakyat”. Bentuk keseriusan adalah dengan meresmikan berdirinya Pusat Khidmat PKS di Kecamatan Kemiling. Semoga masyarakat Kemiling bisa merasakan manfaat dari berbagai program yang akan dijalankan, seperti kesehatan, pembentukan bank sampah, pembinaan taman pendidikan Alquran, dan rumah aspirasi,” kata Aep.

Apresiasi terhadap Pusat Khidmat PKS pun datang dari aparatur pemerintahan setempat, Thomas Amirico, Camat Kemiling, mengatakan sangat senang bisa bersinergi dengan PKS dalam melayani masyarakat.

“Pekerjaan melayani masyarakat tidak bisa dilakukan oleh Walikota, Camat, dan Lurah seorang diri. Harus ada kerjasama dengan berbagai unsur, baik itu pemerintah, swasta, lsm, bahkan parpol sekalipun. Jadi pekerjaan yang berat pun akan terasa ringan kalau dikerjakan secara bersama,”kata Thomas.

Terkait dengan rincian program Pusat Khidmat, Ketua DPC PKS Kemiling, sekaligus Ketua Pelaksana Rumah Khidmat PKS mengatakan bahwa program spesifik terkait Rumah Khidmat antara lain rumah sehat, rumah cerdas, rumah aspirasi, rumah keluarga Indonesia, dan bank   sampah.

Program rumah sehat salah satunya akan mengadakan pelatihan pijat bayi. Rumah cerdas programnya membuka taman bacaan masyarakat. Untuk rumah aspirasi programnya yang akan dijalankan adalah masyarakat dipertemukan dengan aleg dari fraksi PKS untuk menyampaikan aspirasi mereka. Sedangkan rumah keluarga Indonesia berperan sebagai konsultan keluarga untuk membantu memecahkan masalah keluarga. Bank sampah sendiri dibentuk sebagai upaya PKS membantu pemerintah dalam menangani permasalahan sampah yang tiap tahun jumlahnya terus bertambah. Bank sampah akan melakukan pemisahan antara sampah organik dan non organik, kemudian melakukan daur ulang dari sampah tersebut.

“Semua program Rumah Khidmat PKS gratis dan ditujukan untuk umum, siapa pun boleh memanfaatkannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pengelola,” pungkas Imron.


 

About the author

More posts by admin

 

0 Komentar

Kamu dapat menjadi yang pertama yang meninggalkan komentar.

Tinggalkan sebuah komentar