FKUB Rekomendasi Pembangunan Gereja HKBP

PRINGSEWU - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pringsewu segera mengeluarkan rekomendasi pembangunan rumah ibadah Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pringsewu.

Ketua FKUB Pringsewu Edison menyampaikan itu saat meninjau lokasi tanah calon dibangunnya Gereja HKBP Pringsewu di Dusun Padang Bulan, Kelurahan Fajaresuk, Selasa (8/3). “Sebelum meninjau lokasi ini, FKUB terlebih dulu melakukan rapat internal. Adapun hasil notulen rapat sudah diserahkan ke kantor Kesbangpol Pringsewu,” paparnya.

Edison menambahkan, surat permohonan HKBP yang diterima FKUB dinilai sudah memenuhi persyaratan termasuk Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Tahun 2006. Atas dasar itu, imbuhnya, FKUB akan segera mengeluarkan rekomendasi yang selanjutnya disampaikan kepada bupati Pringsewu.

“FKUB juga meminta agar pihak HKBP membuat surat pernyataan jika gereja yang di Padang Bulan selesai dibangun maka gereja lama di Jalan Satria Pringsewu Barat tidak dipergunakan lagi untuk rumah ibadah,” kata Edison yang juga anggota DPRD Pringsewu dari PKS.

Pengurus Muhammadiyah Pringsewu Daim Abdul Jami menyatakan, sebagai umat muslim mengacu kepada apa yang telah dilaksanakn Nabi Rasululah. Menurutnya ada Doktrin Madinah (Madani) dimana dalam doktrin itu memberi kebebasan kepada semua penganut agama (samawi) selama mereka tidak saling mengganggu.

Namun Daim berpesan kepada pihak HKBP agar melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat secara bijak dan arif. “Proses ke Negaraan sudah ditempuh, unsur aturan sudah ditempuh, maka tidak ada jalan bagi kami untuk tidak menyetujui kawan kawan dari HKBP untuk mendirikan tempat ibadah,” katanya

Anggota FKUB lainya, I Nyoman Desten (Hindu) dan Christiya (GKSBS) menilai ada kebutuhan yang real sebab bangunan HKBP yang ada saat ini sangat sempit, parkir susah sehingga mengakibatkan kemacetan.

“Silahkan pak bupati menindak lanjuti setelah kami (FKUB) mengeluarkan rekomendasi ini,” papar Christiya
Terpisah Pimpinan HKBP Pringsewu Pdt Manganar Sitorus menghaturkan terimakasih kepada FKUB Pringsewu yang telah menyambut baik rencana pembangunan HKBP Pringsewu di Padang Bulan. Menurutnya Gereja HKBP yang berada di Kuncup sudah tidak memadai ditambah lagi lokasi parkir yang tidak ada

“Kami sudah pernah audensi dengan pak bupati, saran beliau waktu itu supaya segala persyaratan dipenuhi, dan itu telah kami laksanakan. Maka saya selaku pimpinan mewakili jemaat HKBP yang berjumlah 707 jiwa berharap agar pak bupati (Sujadi) berkenan mengakomodir permohonan ini,” tandasnya.

Sumber: Tribun Lampung

 

About the author

More posts by admin

 

0 Komentar

Kamu dapat menjadi yang pertama yang meninggalkan komentar.

Tinggalkan sebuah komentar