Meluruskan Niat

Sudah menjadi kegiatan rutin keluarga kami setiap Ahad pagi berlari mengelilingi lapangan sepak bola yang ada di desa kami tersebut. Ahad pagi itu abi mengajak kami bertiga olah raga lari pagi.

“Baca bismillah sebelum memulai pekerjaan” Kata Abi

“Bi, memang kenapa harus baca bismillah?” Tanya Ali, Adik saya yang bungsu saat istirahat setelah 3 kali keliling lapangan.

“Ali, ada beberapa alasan mengapa kita dianjurkan baca bismillah setiap memulai pekerjaan. Pertama, supaya yang tadinya merupakan kebiasaan (adat) menjadi bernilai ibadah.  Makan, minum, tidur, mandi, olahraga dan lain sebagainya itu adalah kebiasaan yang dilakukan manusia. Akan bernilai ibadah manakala setiapmemulainya kita baca basmalah. Yang artinya aku mulai pekerjaan ini dengan nama Allah” Jelas Abi.

“Jadi kalau Abi mulai kerja mencari uang untuk memenuhi kebutuhan kita dengan membaca basmalah, selama kerja tersebut abi dihitung ibadah ya bi?” Tanya saya.

“Ya, sama dengan Ismail yang setiap pagi berangkat ke sekolah dengan membaca bismillah dimilai Allah sebagai ibadah” Kata Abi.

“Kedua, Berkah yang tidak putus. Sabda Rasulullah SAW: “Setiap perkara penting menurut syariat yang tidak dimulai dengan membaca Bismillahir Rahmanir Rahim, maka ia terputus (dari Berkah).” (HR. Abu Dawud)

Ketiga, insya Allah kalau kita memulainya dengan Bismillah, kita akan dituntun hanya mengerjakan yang baik-baik saja.  Masak ada orang yang mau mencuri lalu mengucapkan basmallah. Atau orang yang mau korupsi dan menipu tentu tidak ada. Jadi dengan mengucapkan bismillah niat kita kembali lurus. Oleh sebab itu kamu Ali, Ismail, dan Maryam tidak boleh lupa baca bismillah setiap akan memualai pekerjaan” Lanjut Abi sambil bangun dari duduknya.

Matahari mulai meninggi dengan sinarnya yang menyengat. Kami punmulai beranjak pulang menuju rumah.  Biasanya di rumah Ummi sudah menyiapkan sarapan pagi.

(Ayahku Murabbiku By Komiruddin Imron)

 

About the author

More posts by admin

 

0 Komentar

Kamu dapat menjadi yang pertama yang meninggalkan komentar.

Tinggalkan sebuah komentar