Transparansi Laporan Keuangan Partai Versi ICW: PKS Paling Kooperatif

PringsewuNews –   Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis hasil Indeks Transparansi laporan keuangan 9 partai politik melalui permintaan informasi ke parpol. Hasilnya, PKS menjadi partai pertama yang langsung memberikan konfirmasi.

“‎Partai pertama yang langsung memberikan laporan keuangan adalah PKS melalui konsolidasi pada mediasi pertama,” ujar peneliti ICW Abdullah Dahlan kepada wartawan di kantor ICW, Kalibata, Jaksel, Kamis (12/3/2015).

Partai kedua yang memberikan laporan keuangannya adalah Golkar melalui mediasi ketiga. ‎”Sementara partai ketiga yang memberikan adalah PKB melalui mediasi ketiga. Namun laporan yang diberikan belum diaudit,” jelasnya.

PAN adalah partai keempat yang memberikan laporan keuangannya kepada ICW. Meskipun memberikan dan mematuhi keputusan KIP, laporan keuangannya diberikan setelah proses ajudikasi.

“Hal yang sama juga dilakukan oleh PPP, memberikan laporan keuangannya setelah proses ajudikasi,” tambahnya.

PDIP yang berada di peringkat keenam memberikan laporan keuangannya setelah melalui proses mediasi selama 4 kali. “Hasilnya laporan keuangan yang diberikan hanya dari APBN dan masih proses audit keuangan secara umum,” sambungnya.

Partai Gerindra adalah partai yang belum memberikan hasil laporan keuangannya karena masih dalam proses audit. Sementara mediasi telah sampai pada proses ketiga. “Sementara Hanura setelah mediasi ketiga masih belum memberikan laporan keuangannya,” kata Abdullah.

DPP Partai Demokrat adalah partai kesembilan dalam Indeks transparansi laporan keuangan partai. “Setelah proses ajudikasi pun, partai Demokrat belum menyerahkan dan tidak mematuhi putusan KIP,” tukasnya. [detik.com]

 

About the author

More posts by admin

 

0 Komentar

Kamu dapat menjadi yang pertama yang meninggalkan komentar.

Tinggalkan sebuah komentar