PANDANGAN UMUM FRAKSI KEADILAN DEMOKRASI DPRD KABUPATEN PRINGSEWU

PANDANGAN UMUM

FRAKSI KEADILAN DEMOKRASI

DPRD KABUPATEN PRINGSEWU

PADA RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN RAPBD

KABUPATEN PRINGSEWU

TAHUN ANGGARAN 2012

Senin, 12 Desamber 2011

Oleh: Zunianto S.Pd

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang kami hormati Saudara bupati dan wakil bupati kabupaten Pringsewu

Yang kami hormati Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Pringsewu

Yang kami hormati anggota FORKOMPIMDA Kabupaten Pringsewu dan kabupaten Tanggamus

Yang kami hormati saudara Sekda para Asisten dan staf Ahli Bupati, Kabupaten Pringsewu

Yang kami hormati saudara Inspektur, kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian di lingkungan Pemda Kabupaten Pringsewu

Yang kami hormati ketua dan anggota KPU Kabupaten Pringsewu

Yang kami hormati Para camat dan Kepala Pekon Sekabupaten Pringsewu

Yang kami hormati tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh pemuda LSM dan insan pers serta tamu undangan yang berbahgia

Puji syukur marilah senantiasa kita sanjungkan kehadirat alloh Swt, atas limpahan nikmat dan karunianya kepada kita semua. Sehingga kita pada kesempatan pagi hari ini dapat hadir dalam rapat paripurna penyampaian RAPBD Kabupaten Pringsewu Tahun 2012.

Mengawali pandangan umum ini. kami fraksi keadilan demokrasi berharap APBD kita di tahun 2012 benar-benar mencerminkan kepentingan dan pengharapan masyarakat pringsewu baik secara ekonomis, efisiensi,efektifitas,transparan dan bertanggung jawab sehingga nantinya akan melahirkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat atau dengan kata lain APBD yang pro Rakyat.

Selanjutnya  izinkan kami memberikan pandangan umum atas RAPBD tahun 2012 yang baru saja disampaikan oleh saudara Bupati Kabupaten Pringsewu.

  1. Kami menilai pengajuan RAPBD tahun 2012 ini sudah sangat terlambat karena sekarang ini kita sudah berada pada penghujung tahun 2011 dan kita dituntut untuk mengesahkan RAPBD tersebut sebelum masuk tahun 2012 sehingga kita tidak terkena potongan 30% DAU tahun yang akan datang. sehingga hal ini dapat berpengaruh pada kualitas pembahasan RAPBD tersebut. Kami berharap pada tahun-tahun mendatang kita bisa mentaati jadwal penyampaian RAPBD sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan baik dalam undang-undang maupun peraturan pemerintah yang lainya.
  2. Diantara fungsi APBD adalah Fungsi Perencanaan dan Distribusi. Pada sisi Perencanaan kami berharap perencanaan dalam APBD tahun 2012 harus sejalan dengan RPJPD dan Ranperda rencana tata Ruang wilayah yang sedang dalam proses pembahasan. sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tahun 2012 yang akan datang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari visi dan misi saudara bupati dan tujuan pembangunan jangka panjang kabupaten pringsewu. Dari sisi distribusi kami berharap anggaran yang dikucurkan harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan bagi segenap rakyat kabupaten pringsewu karena pada dasarnya semua warga masyarakat memilki hak yang sama untuk menikmati pembangunan tentunya sesuai dengan sekala prioritasnya.
  1. Dalam pembuatan dan penyusunan RAPBD kami mengusulkan disertai dengan tujuan, out come yang ingin di capai dan indikator ketercapaian masing-masing kegiatan sehingga kegiatan yang dikerjakan bisa lebih terukur dan hal ini dapat memudahkan dalam proses evaluasi yang akan datang. Jangan sampai kegiatan yang di programkan terkesan hanya sekedar menghabiskan anggaran tanpa memilki tujuan yang jelas.
  2. Dalam rangka meningkatkan kwalitas dan kwantitas pembangunan kami berharap kepada saudara bupati melalui satker yang bersangkutan untuk mengoptimalkan pendapatan dari berbagai sumber  yang kita miliki, meminimalisir kebocoran anggaran dan menggunakan anggaran sesuai dengan peruntukanya. Dalam hal ini kami memandang proyeksi pendapatan yang ada harus ditingkatkan sehingga hal ini bisa memacu peningkatan kinerja masing-masing satker, mohon penjelasan.
  3. Pada item pengeluaran kami menemukan adanya pembayaran pokok hutang sebesar 4 milyar lebih, mohon penjelasan.
  4. Masyarakat pringsewu di kenal sejak dahulu adalah masyarakat yang gemar bekerja keras dan berfikiran maju, hal ini terlihat  sejak kabupaten ini di resmikan hingga sekarang geliat pembangunan marak dimana-mana. Olehkarenanya kami berharap kepada saudara bupati melalui satker terkait, untuk memberikan setimululus bagi perkembangan ekonomi masyarakat. Diantaranya dengan:
    1. Memprioritaskan pembangunan pada sektor pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan karena seiring dengan lancarnya arus transportasi hal ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.
    2. Pembangunan pada sektor pertanian harus juga di ikuti dengan memberikan solusi atas kurangnya aliran air terhadap lahan  pertanian para petani. Karena luas lahan pertanian yang kita milki tidak sebanding dengan kemampuan aliran air pada lahan pertanian masyarakat. Padahal kita dialiri aliran sungai yang memilki debit air yang cukup baik. Perlu upaya yang serius dan langkah serta program yang lebih konkrit sehingga kebutuhan irigasi kita bisa tercukupi.
    3. Dalam rangka memberikan solusi permodalan bagi para pelaku UMKM dan pengusaha kecil, kami berharap kepada saudara bupati melalui satker terkait untuk dengan serius memberikan informasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM dan pengusaha kecil yang bergerak di sektor real. Baik melalui program-program pemerintah diantaranya dengan memberikan kemudahan dalam mendapatkan Kridit Usaha Rakyat yang di dengung-ngungkan pemerintah maupun program CSR dari berbagai perusahaan baik BUMD maupun perusahaan swasta lainya.
  1. Setelah RAPBD 2012 ini disahkan dalam pelaksanaanya kami berharap kepada para pengguna anggaran untuk memperhatikan dan melaksanakan rekomendasi pansus LKPJ tahun 2010 sehingga catatan-catatan dan permasalahan yang terjadi pada tahun anggaran 2010 tidak terulang lagi dan pembangunan kita bisa lebih baik lagi. Bukankah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung dan orang yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang merugi serta orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia adalah orang yang celaka.

Hadirin bapak ibu yang berbahagia

Demikian pandangan umum fraksi Keadilan Demokrasi ini kami sampaikan dengan harapan kesejahteraan masyarakat akan meningkat, tentunya seiring dengan kemampuan kita dalam menyusun APBD 2012 ini menjadi APBD yang Pro Rakyat.

Sebelum kami mengakhiri pandangan umum ini kami ingin sampaikan bahwa hari ini kita berada pada tanggal 12 desember 2011 kami mengingatkan 10 hari lagi atau tepatnya pada tanggal 22 desember adalah peringatan hari ibu. Oleh karenanya dalam rangka menyongsong hari ibu tahun 2011 kami mengajak kepada kita semua yang hadir disini untuk mengenang sosok yang telah berjasa dalam proses keberadaan kita diatas muka bumi ini, walaupun ia harus bertaruh dengan nyawanya.

Terima kasih ibu atas segala kasih sayang dan pengorbanan selama ini.

Selamat hari ibu untuk para ibu yang sangat luar biasa.

Hormati ibumu niscaya akan mulia hidupmu.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Fraksi Keadilan Demokrasi:

Ketua              : Zulmar, S.Pdi            ____________________

Sekretaris        : Burnani, S.Pd                                                            ___________________

Anggota          : Zunianto, S.Pd          ____________________

 

About the author

More posts by admin

 

0 Komentar

Kamu dapat menjadi yang pertama yang meninggalkan komentar.

Tinggalkan sebuah komentar